Serikat Awak Kapal Perikanan Bersatu.(SAKTI) Sulawesi Utara dan Srikandi Sakti Merayakan Hari Buruh Internasional Dengan Kegiatan Bersih-Bersih Pantai di Salah Satu Kel di Kota Bitung.

Dalam Pemperingati hari Buruh internasional Pada 01 Mei 2024 Serikat Awak Kapal Perikanan Bersatu.(SAKTI) SULUT dan Srikandi Sakti Melakukan Bakti sosial Bersih-Bersih pantai di Kel Tanjung Merah bersama dengan Dinas tenaga kerja kota Bitung dengan tema Kesedaran Melindungi Buruh Seperti kesedaran Melindungi Laut dari Sampah Plastik. Dimana kegiatan tersebut di dukung oleh pemerintah kota bitung yang di wakili oleh Perangkat kelurahan tanjung merah.

Kegiatan tersebut dalam memberikan contoh positif kepada masyarakat kota bitung atas kesadaran untuk membuang sampah plastic pada tempatnya, dimana sampah plastic ini dapat menggangu atau merusak ekosistim laut.

Ketua Umum SAKTI SULUT Arnon Hiborang  , menyampaikan kegiatan ini sudah kami mulai dari tahun 2023 dimana kami melakukan kegiatan yang sama dalam memperingati hari buruh tahun 2023 Bersih-bersih pantai di Kel batu Lubang, dalam hal ini kami sering melakukan pelindungan,advokasi kepada pekerja di sektor perikanan akan tetapi kami juga harus perduli dengan linkungan dimana, sama penting melindungi buruh seperti kita melindungi linkungan sekitar.

Dalam hal ini bukan sudah tidak ada masalah kepada pekerja di sektor perikanan, baik awak kapal perikanan atau pekerja di perusahaan pengolahan makanan laut, banyak masalah yang terjadi dimana dari segi kerja paksa bahkan sampai ada yang terjebak di Perdagangan manusia, ada juga pemberi kerja yang masih tidak mematuhi dengan regulasi ketenaga kerjaan, dari kegiatan sosial ini kami sangat berharap bisa terbangun jejarin dengan pemerintah,asosiasi pengusaha dan serikat pekerja dalam melindungi pekerja di sektor perikanan khususnya di kota Bitung tutup Arnon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *